Meningkatkan CPC dan Earnings di Google Adsense

Untuk anda pengguna Google Adsense, sebaiknya anda perhatikan artikel mengenai Cara Meningkatkan CPC di Google Adsense ini. Dengan meningkatkan CPC, maka total Earnings kamu akan semakin meningkat.

Salam semua sahabat Media Blogger !
Berdasarkan beberapa pertanyaan yang saya terima dan sering muncul, saya akan membagikan info beserta tips terkait PPC Google Adsense ini. Artikel ini cocok sekali untuk teman-teman yang baru diterima dan menggunakan iklan di Google Adsense tersebut, tetapi bingung bagaimana cara mengoptimalkannya ?
google adsense tips cpc
Disini saya akan sedikit mengarahkan saja karena saya belum berhak menginformasikan sebuah informasi penting dan harus sesuai izin seorang pembimbing saya yang bekerja di salah satu perusahaan Digital Media Advertising di luar negeri.

Cara Mengetahui bagaimana ciri-ciri iklan yang memiliki bayaran CPC tinggi, berikut panduannya :
  • Buka blog anda dan arahkan kursor pada iklan dalam bentuk gambar tersebut tepat diatasnya.
  • Lihat pada bagian bawah jendela browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dll ) anda.
  • Jika ada sebuah link dengan nama googleadservis itu menandakan iklan tersebut apabila di klik, CPC nya relatif  sedang sampai rendah.
  • Kemudian apabila di pojok kanan atas iklan Google Adsense anda, ada sebuah tulisan text Iklan Oleh Google berarti jenis advertising yang masuk ke Google Adwords yaitu di coverage area Indonesia. Biasanya hal ini ditentukan oleh jenis bahasa pada blog tersebut.
  • Berbeda apabila di bagian pojoknya bertuliskan AdChoices.
  • Kemudian, ciri dari iklan Adsense dengan bayaran tinggi adalah ketika kursor mouse masuk ke area iklan adsense tersebut pada bagian bawah browser tidak ada link dan seandainya ada linknya bukan googleads-g-doubleclick melainkan adgoogle, adchoicesntwork, adclicks-dblck, dan sebagainya. Itu menandakan jenis Network yang terpakai adalah Google Invite Media ( Asia ) yang memiliki CPC lumayan tinggi. Tetapi terkadang juga masuk ke dalam jaringan googleadservices.
Cara mengidentifikasi website yang memberikan bayaran rendah.
Perhatikan situs blog anda yang dipasang adsense, lalu pasang iklan bertipe Text Ads. Biasanya tertulis nama blog / website yang apabila diclick pengunjung maka akan redirect ke url tersebut. Contohnya adalah salah satu gambar iklan ads google adsense saya :
iklan google adsense
Berdasarkan gambar, anda harus membuka link url tersebut tanpa harus mengklik iklan. Kemudian perhatikan tips - tips ini :
- Jika di halaman yang anda kujungi tersebut terdapat iklan google adsense juga silahkan blocked web tersebut. Caranya sama seperti menggunakan filter google adsense.
- Jika halaman tersebut tidak relevansi dengan tema blog anda, perhatikan bahasa yang digunakan apabila bahasa inggris jangan block web ini. Jika bahasa indonesia dan tidak berrelavansi silahkan hapus.
- Jika di halaman tersebut, terdapat banyak kata-kata yang tidak layak atau mempromosikan product tetapi bukan tempat untuk situs jual beli silahkan anda blocked.
- Jika menurut anda, website tersebut merupakan situs baru dan tidak kompeten silahkan anda bunuh. Hahaha :)

Cara Meningkatkan CPC Google Adsense pada Akun anda :
1. Pertama anda harus login terlebih dahulu.
2. Pergi ke Performance reports > Pilih network
3. Disana terdapat Ad network - Ad Request - Coverage - Clicks - Ad request CTR - CPC - Ad Request RPM - dan Estimated Earnings.
4. Yang pertama harus anda lihat adalah Estimated Earnings. Carilah network yang tidak ada jumlah Click alias 0 tetapi ada Estimated Earningsnya contoh $0.09 ( biasanya di Indonesia jangkauan Pageviews 10000 adalah $2.16
5. Jika ada beberapa network pada hasil langkah no.4 tadi, lihatlah yang Ad Requestnya sedikit tetapi Estimated Earnings nya besar.
Contoh :
Vizury : AdRequest = 908 , Ad Request RPM = $0.97 , Click = 0, Estimated Earnings = $0.07
TubeMogul : AdRequest = 1200 , Ad Request RPM = $0.47 , Click = 0, Estimated Earnings = $0.07

Pada kondisi sistematik diatas, anda melihat jumlah Earnings yang sama. Tetapi ada adrequest,rpm,ad request ctr yang berbeda. Dari contoh diatas maka Network TubeMogul harus kita blocked. Hal ini dilakukan agar mendobrak nilai Google Adwords CPC nya menjadi besar. SEO Content juga merupakan faktor yang penting untuk anda optimasi.

Karena seperti yang kita ketahui, setiap request itu berdasarkan dari keyword, jaringan iklan, dan advrtiser. Oleh sebab itu kita harus membuat seakan-akan request yang besar tetapi penghasilan yang sedikit lebih baik dijauhkan terlebih dahulu. Anda juga harus memaksakan Sociomantics CPC nya dibuat kecil dan Google Invite Media Asia di buat besar. Karena mayoritas jaringan iklan yang muncul di blog kita adalah dari Asia.

Mungkin 1 permasalahan terlebih dahulu yang dapat saya jelaskan, untuk ke depannya silahkan anda pahami, pelajari sendiri dan lakukan percobaan. Proses integrasi networks ini berlangsung selama 1-2 hari, jadi CPC anda akan turun otomatis dalam 2 hari setelah melakukan pengoptimalan diatas.

Semoga artikel yang memang sulit untuk saya jelaskan ini dapat dimengerti sedikit demi sedikit. Terimakasih.

27 comments:

  1. walaupun sedikit sulit untuk dipahami saya tetap berusaha memahaminya semaksimal mungkin. hehe, makasih mas infonya ini. udah saya tunggu dari tadi akhirnya nongol juga. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, nanti saya tambahi mas.
      Cuma kondisi lagi lelah tadi mlm. Buat photoshopnya aja lama :D

      Delete
  2. Hadduhh mas ane msih bingung nih apalgi harus ngecekin iklan adsense ane satu per satu hahaha :)

    Tapi ya insya allah sdikit demi sdikit bsa mengerti lahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh kalau mas mau buat filter sendiri memang satu persatu gitu :)
      semangat.

      #CMIW

      Delete
  3. thanks share nya sob, katanya templete juga ngaruh ya sob?
    katanya ada templete yang ctr, heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sih bukan templatenya tapi kodenya :)

      saya sih punya template yg bisa mendatangkan banyak click, cuma rahasia. dan dah saya pakai di blog saya yg g diurus hasil penghasilannya 4x lipat dari blog ini -,-'

      Delete
    2. Minta dong mas template'y, pngen ngasilin duit nih, dri dulu ngeblog blum dpet duit pdhal udah ada adsense'y , hmm

      Delete
    3. Tidak free, kalau mau beli harganya $82.

      Delete
  4. Angkat tangan Mas dari dulu kalau main adsense selalu kena disable melulu padahal tidak ada kecurangan yang saya lakukan terhadap iklan maupun akunnya.Sukses buat yang bergelut dalam adsense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin artikelnya mas bermasalah atau melanggar TOS Google Adsense.
      Semoga sukses juga mas :)

      Delete
  5. ngan carabnya gimana sih integrasi triond ke Google AdSense apa keuntynganya? trims,.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tidak salah dengar sih, itu seperti menghubungkan jaringan iklan antara PPC yang bersesuaian. Contohnya Chitika dan Google Adsense.

      Keuntungannya mungkin dari segi relative iklan yang muncul bisa jadi nilai per clicknya tinggi dan banyak visitor yang lalu lintasnya mungkin dari segi iklan tersebut. Biasanya integrasi ini juga berkenaan dengan letak posisi iklan dan ukuran iklan apa saja yang digunakan.

      Mungkin itu saja, atau kalau menurut mas sendiri istilah triond itu apa?

      Delete
  6. semakin hebat nih blognya
    saya google adsense aja di tolak terus
    ini iklannya udah tampil
    apa triknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih brow atas dukungannya.
      :)

      Delete
  7. Owh begitu ya, tapi saya udah trauma rasanya daftar GA bro, kalaupun diterima nggak lama langsung dibanned lagi :(
    But, thanks before !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jangan putus asa bro, semangat..
      :)
      alhamdulilah sih saya belum pernah dibanned dari pertama kali daftar.

      Delete
    2. BTW, dari semua blog yang agan punya..kira2 total pendapatannya sekarang sudah berapa gan?

      Delete
    3. baru 10 ribu gan.
      hikss hikss...

      Delete
  8. saya blm daftar GA, buat pembelaharan aja... nice infonya :)

    ReplyDelete
  9. sob perkenalkan saya dari blog sebelah, blog netfori. Saya memang masih sangat baru dalam bisnis google adsense, oleh karena itu saya ingin mengutarakan beberapa pertanyaan. Bila berkenan tolong dijawab ^^

    1. Banyak artikel yang berisi tentang high paid keyword for google adsense. Nah di situ maksudnya untuk apa? Apa kita harus menulis artikel yang berkaitan dengan keyword tersebut? Apa akan berdampak pada penambahan nilai pendapatan GAnya? Lalu kok bisa?

    2. Pada jenis iklan, tulisannya "googleadservices" bernilai sedang sampai rendah, tetapi terkadang "googleadservices" itu termasuk ke dalam jaringan yang bernilai tinggi. Lalu cara membedakan antara
    >"googleadservices" bernilai sedang sampai rendah
    >dengan "googleadservices" yang masuk Network Google Invite Media (yang bernilai tinggi), bagaimana membedakannya?

    3. Tips untuk iklan yang bertipe Text Ads, apakah iklan seperti bookpanorama.com dan listerineindonesia.com juga harus diblock dengan alasan tidak relevan, berbahasa indo, dan bukan tempat situs jual beli, apa juga sebaiknya di blokir walaupun nilai kliknya lumayan? Lalu berarti contoh: berniaga.com sebaiknya tidak diblokir?

    Oke terimakasih atas segala kesabaran anda menjawab pertanyaan yang saya ajukan. Mohon maaf bila kurang berkenan. Setidaknya artikel ini menambah bnyk ilmu baru dlm dunia per-adsense-an saya. Dan juga bila tidak keberatan, saya minta dari anda sang master untuk memberikan saran penempatan dan isi iklan blog saya. Makasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh saya jawab berdasarkan 3 soal diatas. :)

      1. Memang seperti itu, jadi kita harus mendekati keyword yang iklannya bernilai tinggi. Contoh : Forex, HostGator. Tetapi cara yang tepat bukan dengan menulis keyword tersebut di tiap artikel.
      Sama sekali bukan seperti itu.

      2. Kalau untuk cara membedakan mungkin tidak bisa diketahui, karena pada dasarnya kita tidak memiliki hak untuk melihat jaringan lalu lintas advrtiser. Jadi, kita tidak prlu membedakan keduanya dan hanya memantau dari google analytics dan google adsense.

      3. Untuk iklan jenis Text, Contoh website yang disebutkan memang tidak relevan. Kalau bahasa indonesia itu tidak menjadi masalah karena kita menggunakan intrenet pun di wilayah indonesia. Sebagai contoh saja bookpanorama tidak relevan dengan situs kita, tetapi apabila ditinjau web tersebut memiliki statistik yg sangat baik dan professional. Seperti yang kita ketahui algoritma google adsense juga memperhitungkan produk. Alasan itulah yang membuat CPC tinggi, semakin yang keluar adalah website terkenal dan besar maka otoritas dari situs kita juga dianggap sama dan memiliki relevansi dengan iklan teresebut.

      Kesimpulannya : tidak berpatokan pada situs jual beli saja, dan saya juga sulit untuk menjelaskan semuanya secara terperinci. Silahkan diperdalam sendiri, terimakasih :)

      Delete
    2. Oke terimakasih info serta jawabannya, :)

      Delete
  10. Wah.. ini ilmu yang sangat bermanfaat. Thanks! Ane disini sob..

    ReplyDelete

Web Design Blogs W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com

Copyright © 2013 IMPOINT Blog . All rights reserved.| Blogger.com File Storage Created by Blogger Tuts | Template