Lowongan Kerja di Luar Negeri

Telah banyak info loker (lowongan kerja ) untuk mendapatkan pekerjaan di Indonesia. Lalu, kalau di Luar Negeri bagaimanakah cara mendapatkannya? Berikut Informasi Lowongan Kerja di Luar Negeri.

Bekerja di luar negeri memang merupakan suatu harapan dan impian yang sangat besar. Bagaimana tidak? Selain kita dapat berkunjung dan liburan di luar negeri, rata-rata besar gaji disana cukup tinggi apalagi di Amerika. Namun pekerjaan yang relatif dibutuhkan di negara tersebut relatif cenderung ke jurusan IT.
info lowongan kerja

Tidak salah saat ini aku kuliah mengambil jurusan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi. Saya tidak tau pasti mengenai berapa banyak orang IT Indonesia yang telah berangkat ke Eropa mungkin hanya sekitar ratusan orang. Cara mendapatkan pekerjaan IT diluar negeri tidaklah mudah. Baik di Asia, Amerika, Afrika, Eropa. Yang paling diminati kerja di Asia dan Amerika, dan Timur Tengah juga mulai diminati. Di Afrika juga banyak tawaran bekerja seperti di perusahaan minyak. Apalagi di negara Eropa, yang saat ini sedang mengalami krisis perkenomian dan akan sangat sulit mendapatkan visa kerjanya. (Andryo)

Sebelum memiliki niat bekerja di luar negeri, point penting yang harus dimiliki adalah kemampuan (skill) dan keahlian. Contoh sebuah perusahaan mencari tenaga kerja bisa mengoperasikan sistem Windows dan menganalisis setiap permasalahan, maka perusahan ini akan mencari kandidat dengan pengalaman banyak dengan Operating System (khususnya Windows).Yang menjadi pertanyaan, Bagaimanakah perusaan seperti Microsoft dapat mengetahui keahlian dan skill yang anda miliki?

Tips Mencari Kerja di Luar Negeri :
1. Melalui Recruiter / Headhunter
Recruiter adalah seseorang yang memiliki jaringan cukup luas di beberapa perusahaan yang berfungsi sebagai media untuk kita memperoleh informasi dan peluang mengenai jenis pekerjaan yang nantinya akan kita dapatkan.
Merekalah yang lebih tahu tentang pasar, perusahaan mana yang membuka lowongan, perusahaan mana yang mau mensponsori pekerja untuk visa, perusahaan mana yang berkembang, dan orang seperti apa yang dicari perusahaan-perusahaan itu. Bidang recruiter di sana sangatlah spesifik. Misalkan untuk bidang yang saya inginkan, contoh title pekerjaan mereka di bidang “Digital Media Recruiter”.

2. Melalui Agency atau Direct Hire
Sudah banyak situs lowongan kerja terpercaya yang banyak dibutuhkan untuk mencari pekerjaan. Dengan berkembangnya Teknologi yang kian cepat, online merupakan salah satu sarana yang tepat dan hemat. Banyak kandidat dan persayaratan yang harus dicapai untuk bekerja di luar negeri sesuai dengan info yang diberikan oleh website lowongan kerja (loker).

Contohnya adalah Linkedin,Monster,Jobstreet,Jobsdb,Info Loker,Jobindo,Unicef.org dll.

Untuk mendapatkan pekerjaan melalui Agency tersebut, anda harus mempersiapkan lamaran CV yang berkualitas dan terbaru. Konsisten CV dengan jabatan akan menghasilkan pengalaman misalnya pengalaman 8 tahun di system engineer, dan perusahaan diluar negeri pasti bisa menjadikan cv anda sebagai kandidat. Taruh CV anda di situs-situs besar diatas.  Perlu ditaruh sertifikat internasional anda juga karena akan menambah peluang di mata agency atau pencari kerja. Biasanya mereka yang meminta melalui email saat pertama kali kontak dengan kita.

Setelah memprosmosikan skill experience bekerja anda. Anda harus rajin ikut mailing list(milist) yang berhubungan dengan skill anda, contohnya anda ikut milist Linux, dan mulai berinteraksi disana dari bertanya dan syukur-syukur bisa membantu menjawab, gunakan nama asli anda.

3. Menggali Informasi dari Departemen Tenaga Kerja.
Untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan di luar negeri, Anda juga bisa mendapatkannya dari Departemen Tenaga Kerja. Karena Info disana lebih lengkap dan akurat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan infonya dari brosur yang tersebar di beberapa kota besar.

4. Tersedia di Website Perusahaan
Setiap perusahaan besar pasti memiliki website sendiri ( resmi ) bahkan tidak hanya satu. Di website tersebut biasanya terdapat informasi mengenai lowongan kerja yang pastinya selalu Update Terbaru. Anda dapat membuka setiap perusahaan terkenal yang anda prioritaskan.

Contoh Wawancara Kerja di Google Singapore oleh Recruiter :

Are you currently in employment?
What is your notice period/availability to start?
What are your salary expectations (very approximate range)?
What were your overall grades in your degrees,respectively?
What were the reasons for leaving your 3 most recent roles on your CV?
Your top achievement in your career to date – can you please send a bullet on that?
Would you require Google to sponsor a visa on your behalf?
Why are you interested by this position?
What would your availability be like to take a 20-30 minute telephone interview if we were to proceed, and what would be the best phone number to reach you?

7 comments:

  1. Sangat bermanfaat gan infonya, makasih.
    Visite back ya, heee
    tips and triks to master english

    ReplyDelete
  2. info yang sangat bermanfaat, soalnya abis lulus nie gue mau kerja di amrik.
    kunjungi balik blog gue ya gan di
    Cara mendownload film

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan, tapi ga sempat komentar maaf ya banyak kerjaan :)

      Delete
  3. info yang bermanfaat, makasih mas. sangat membantu..


    berkunjung balik yaa !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas, maaf ya kalau belum sempat komentar dan hanya bisa berkunjung :)

      Delete
  4. Nice Post, Gan...
    Menambah wawasan...
    :)

    Mampir juga ya ke :
    ramdanieka.blogspot.com

    (Jangan lupa join friendship)..

    Trims..
    Salam Sahabat Blogger..!!!
    Sukses Selalu untuk kita semua...!!!
    :)

    ReplyDelete

Web Design Blogs W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com

Copyright © 2013 IMPOINT Blog . All rights reserved.| Blogger.com File Storage Created by Blogger Tuts | Template